Kamis, 06 Januari 2022

Manajemen Pemasaran Era Revolusi Industri 4#

Sistem Informasi dan Riset Pemasaran Global


Sistem Informasi Global

Sistem Informasi Global adalah sebuah sistem informasi yang dibangun atau dikembangkan untuk digunakan dalam konteks secara global. Setiap sistem informasi yang dipublish secara global sudah dalam konteks yang ditentukan. Sistem informasi global adalah sebuah sistem dari jaringan jaringan yang melintasi batas-batas negara.
Definisi lain dari Sistem Informasi Global adalah sebuah sistem perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan untuk penyimpanan, pengambilan, pemetaan dan analisis data geografis Sistem informasi global termasuk dalam operasi yang akan memasukkan data ke sistem.
Dari segi definisi penggunaan Sistem Informasi Global dalam perusahaan merupakan sebuah sistem yang berbasis komputer yang memungkinkan perusahaan multinasional untuk menyelaraskan kegiatan perusahaan induk dan cabangnya, dimana cabang tersebut secara geografis tersebar di berbagai penjuru dunia dan setiap kantor cabang terkait memiliki tujuan, kebijakan dan tatacara tersendiri yang unik. Merupakan suatu system yang terdiri dari jaringan yang melintasi batas negara.

RISET PEMASARAN GLOBAL

Riset pemasaran adalah identifikasi, pengumpulan, analisis, diseminasi dan penggunaan informasi secara sistematik dan objektif untuk membantu manajemen membuat keputusan yang berhubungan dengan identifikasi dan penyelesaian masalah dalam bidang pemasaran. Terdapat alasan mengapa suatu organisasi perlu melakukan riset pemasaran:
1. Mengidentifikasi Masalah
Dilakukan untuk membantu mengidentifikasi masalah yang tidak selalu jelas kelihatan dipermukaan tapi ada atau kemungkinan muncul pada masa yang akan datang. Riset identifikasi masalah terdiri dari riset potensi pasar, pangsa pasar, citra merek atau perusahaan, analisis penjualan karakteristik pasar dan peramalan. Masalah pokok akan tercermin pada latar belakang masalah.

2. Penyelesaian Masalah

Penyelesaian masalah dilakukan untuk menghasilkan solusi. Temuan riset penyelesaian masalah digunakan untuk membuat keputusan yang akan menyelesaikan masalah pemasaran yang spesifik. Sebagian besar perusahaan melakukan riset penyelesaian masalah.

Terdapat beberapa langkah dalam seleksi topik penelitian, yaitu

  1. Ada permasalahan
  2. Masalah tersebut dapat dipecahkan melalui penelitian
  3. Masalah tersebut menarik untuk dipecahkan
  4. Masalah tersebut bermanfaat untuk dipecahkan.

Berdasarkan jenis variabelnya data dapat dikelompokkan, yaitu

1. Variabel independen, variabel yang tidak tergantung pada variabel lain Variabel bebas diklasifikasikan sebagai variabel yang dapat dimanipulasi maupun yang dikendalikan oleh organisasi penjualan Variabel yang dapat dikendalikan di identifikasi sebagai komponen bauran pemasaran produk, harga, tempat dan promosi. Tingkat yang berbeda dari variable variabel ini dapat dikombinasikan untuk menghasilkan program pemasaran alternatif atau pelaksanaan pemasaran alternatif.

2. Variabel dependent, jika ada hubungan diantara variable-variabel yang tergantung pada variabel lain. Tanggapan perilaku merupakan variable terikat atau akibat yang diperkirakan. Faktor yang merumitkan adalah jika tanggapan perilaku, terlalu dipengaruhi oleh perilaku masa lalu sebagai faktor tambahan dari perilaku saat ini. Akibatnya proses pengembangan program pemasaran yang efektif menjadi suatu proses yang kompleks dan penuh tantangan karena melibatkan sekelompok variabel dinamis serta tanggapan perilaku yang senantiasa berubah sebagai hasil dari pengalaman.

Misalnya Hasil penjualan produk tergantung pada promosi, distribusi, produk dan harga. Dengan demikian hasil penjualan disebut sebagai variabel terikat (dependent) sedangkan promosi, distribusi, produk dan harga merupakan variabel bebas (independent).

Informasi yang dinilai dalam riset pemasaran global antara lain

  1. Ekonomi, informasi yang diperlukan berasal dari data umum seperti pertumbuhan ekonomi, inflasi, trend siklus bisnis, analisis profitabilitas dari produk suatu divisi, studi ekonomi pada industry tertentu, analisis ekonomi luar negeri dan indicator-indikator ekonomi penting
  2. Iklim, cultural, sosiologis dan politis, sebuah tinjauan umum non ekonomi yang mempengaruhi bisnis divisi tersebut, informasi ini meliputi ekologi, keselamatan, waktu luang dan dampak potensialnya pada divisi bisnis.
  3. Gambar dan kondisi pasar, informasi yang berkaitan dengan segmen dan penyebarannya perlu dianalisis
  4. Lingkungan teknologi, teknologi produk menjadi penentu keberhasilan produk di pasar internasional.
  5. Situasi persaingan, informasi tentang pendapatan pesaing, produk, metode segmentasi pasar dan strategi dalam lingkup internasional sangat penting bagi perusahaan yang masuk ke pasar internasional.

Proses riset harus mengikuti langkah-langkah berikut

  1. Defenisikan masalah riset dan tentukan tujuan-tujuan riset.
  2. Tentukan sumber informasi untuk memenuhin tujuan riset
  3. Pertimbangkan biaya dan manfaat dari usaha rist tersebut
  4. Kumpulkan data yang relevan dari sumber-sumber sekunder dan primer atau keduanya.
  5. Analisis, interpretasikan dan rangkum hasil-hasilnya.
  6. Komunikasikan hasil-hasilnya secara efektif kepada pembuat keputusan.


Mengumpulkan Data

  1. Data Primer

Primary data adalah data yang diperoleh dari pengumpulan langsung oleh focus group/peneliti. Wawancara, focus group dan riset survey merupakan alat yang digunakan untuk mengumpulkan data primer pasar.

- Wawancara (pribadi atau kelompok) untuk bertanya “mengapa” dan menggali jawabannya.

- Focus group merupakan kelompok wawancara yang dipandu moderator yang memfasilitasi diskusi suatu konsep produk, iklan dan lain-lain.

- Riset survey sering menggunakan kuesioner dan dapat dirancang untuk menghasilkan data kuantitatif (“seberapa sering Anda membeli?”), data kualitatif (“mengapa Anda membeli?”) atau keduanya.

2. Data Sekunder
Pendekatan dengan biaya rendah dalam riset pasar dimulai dari riset meja (desk research). Ini disebut dengan data sekunder karena dikumpulkan dari proyek tertentu yang telah ada (di file perusahaan, perpusatakaan dan lain-lain) juga hasil studi yang telah dipublikan oleh perusahaan risat. Misalnya : Combridge Information Group, menerbitkan  Findex (Factory Index) yaitu petunjuk lebih dari 13.000 laporan studi 90 industri.
Menganalisis Data Riset
- Analisis data riset mencakup : analisis pola permintaan, pengukuran elostisitas pendapat, perkiraan dengan analogi, analisis perbandingan, dan analisis kelompok.
- Pada analisis pola permintaan, pola pertumbuhan industry dapat membantu pemahaman tentang permintaan pasar. Pada produksi (yang biasanya mengungkap pola konsumsi) membantu dalam menilai peluang pasar.
- Elastisitas pendapatan menguraikan hubungan antara permintaan suatu barang dan perubahan dalam pendapatan.
- Analisis perbandingan (antara potensi pasar dan kinerja pemasaran di Negara yang berbeda pada saat yang sama).
- Perkiraan dengan analogi
Memperkirakan dengan analogi (membandingkan dengan kondisi pasar / Negara lain).
- Analisis Kelompok
Membandingkan kelompok yang satu dengan yang lain (mencari persamaan dan perbedaan).





Sumber : https://anggar246.wordpress.com/2019/10/31/sistem-informasi-global-dan-riset-pemasaran-global/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Manajemen Pemasaran Era Revolusi Industri 4#

Sistem Informasi dan Riset Pemasaran Global Sistem Informasi Global Sistem Informasi Global adalah sebuah sistem informasi yang dibangun ata...